Selasa, 15 April 2008

MEMORY


ROM terdapat di chip yang dipasang di komputer, yang berfungsi untuk menjalankan komputer kita pada waktu pertama kali dihidupkan (boot). Tugasnya antara lain mengecek peralatan yang terpasang (devices) seperti diskdrive, monitor, keyboard, harddisk, dlsbnya.
Sebaliknya RAM digunakan untuk menyimpan sementara (temporer)file-file program yang dijalankan pada saat kita bekerja dengan komputer kita. Sedangkan penyimpanan tetapnya dilakukan pada disket atau harddisk.
Jika disimpan di RAM, prosesnya menjadi lebih cepat dibandingkan pada harddisk yang membutuhkan waktu untuk membacanya.
Kekurangan penyimpanan dalam RAM, adalah sangat tergantung pada pasokan listrik, sehingga kalau tiba-tiba terputus aliran listriknya maka hilanglah semua "ingatan" tersebut.
Saat ini (oleh mekanisme yang saya sendiri kurang tahu). RAM itu dibagi-bagi lagi. Jahatnya si Microsoft, mungkin karena merasa yang punya rumah (sistem operasi sebagian PC saat ini menggunakan MS Windows, yang direbut dari PC-DOSnya IBM [cerita mengenai perebutan ini sendiri cukup menarik ditinjau dari sisi manajemen, akan saya tulis dilain kesempatan dalam rubrik manajemen), maka OS ini secara otomatis mengkapling RAM yang banyak (karena memang penggunaan aplikasinya [MS Office] seperti MS Word, MS Excell, dll, membutuhkan RAM yang banyak) dalam komputer kita.
Jadi meskipun kita tidak menjalankan aplikasi MS Windows, tetapi RAM sudah dikapling duluan. Akibatnya jika kita menggunakan program-program yang lain, maka sering muncul error message seperti Low Resources, hang, dll.
Hal ini dulu yang membuat saya sering pusing.
Memori sudah 64 RAM, tidak menjalankan aplikasi MS Office, tetapi kenapa selalu error/hang yha ?
Kemudian saya selidiki apa sebabnya.
Akhirnya ketemu di seperti yang saya ceritakan di atas itu.
Kemudian saya mulai berpikir, bagaimana caranya mengakali si MS ini yha ?
Eh, lagi mikir-mikir, di salah satu milis komputer ada yang bercerita mengenai software yang bisa mengturbokan memori dengan nama Mem Turbo.
Apalagi nich Mem Turbo ?
Ternyata program ini mengakali si MS untuk menyimpan memorinya tidak di RAM melainkan di Harddisk (katanya).
Juga membersihkan RAM kita dari program-program yang sudah ditutup tetapi masih gentayangan di RAM (hii... kayak hantu).
Kemudian saya menyurati netter tersebut untuk meminta informasi bagaimana saya bisa memperoleh program tersebut. Saking baek orangnya (biasanya sich netter itu baik-baik dan sering membagi ilmu secara gratis, khan dapatnya gratis juga, hanya ada satu atau dua orang yang menetapkan tarif [mungkin karena dikibulin 'kali yha jadi maunya ngibulin kita juga] maka ia mengirim Mem Turbo tersebut. Sayangnya meskipun program ini cukup baik tetapi mempunyai batas penggunaannya (shareware).
Akhirnya dengan sangat menyesal setelah habis masa berlakunya saya meninggalkan program yang baik tersebut. Saya cari yang freeware (gratis) saja.
Akhirnya ditemukan yang namanya Win Ram Turbo ini. Ini versi yang gratisan, tentunya kemampuannya terbatas dibandingkan dengan versi lite atau pro-nya (yang tidak gratis). Terbukti khan di internet banyak yang gratisan.

Tidak ada komentar: